Yuk, Kenali 5 Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

 by ; Jery hetadipraja


rabu,16 januari 2019

Siap kuliah



Jenis perguruan tinggi
Squad, apakah kamu sekarang sudah duduk di kelas 12 SMA? Tentunya sekarang sudah saatnya kamu mulai memikirkan masa depan dan mencari informasi terkait jurusan serta perguruan tinggiyang akan kamu pilih. Perlu diketahui bahwa ada 5 jenis perguruan tinggi di Indonesia yaitu universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademi.  Kamu harus tahu perbedaannya terlebih dahulu baru bisa memilih ‘kan? Yuk, ketahui perbedaannya.
1. Universitas
jenis perguruan tinggiUniversitas Indonesia 
Universitas merupakan jenis pendidikan tinggi yang menyediakan rumpun ilmu paling luas dibanding jenis pendidikan tinggi lainnya. Universitas terbagi ke dalam sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan Akademik (terfokus pada pengembangan ilmu) dan/atau Vokasi (terfokus pada keahlian bidang terapan/kerja). Universitas diminati oleh peserta didik yang ingin mengincar gelar akademik berkelanjutan (S1, S2, S3) sarjana, magister, doktor, guru besar (profesor), atau menjadi peneliti.
Dalam satu kampus terdapat beragam program studi atau jurusan yang digolongkan ke dalam banyak fakultas sesuai rumpunnya. Misalnya, ada Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknik, dan lainnya. Setiap fakultas akan menyediakan program atau jurusan. Misalnya di Fakultas Teknik ada jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan sebagainya.
2. Institut
jenis perguruan tinggiInstitut Teknologi Bandung
Hampir sama seperti universitas, institut juga terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan Akademik dan/atau Vokasi dengan sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni. Bedanya, fakultas-fakultas dalam sebuah institut berasal dari satu jenis keilmuan saja. Berbeda dengan universitas yang fakultasnya berasal dari berbagai jenis keilmuan. Contohnya, Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berfokus pada ilmu alam, sehingga fakultas-fakultas di ITB hanya berkaitan dengan ilmu alam seperti ilmu fisika, ilmu kimia, ilmu biologi, ilmu kebumian, ilmu angkasa, dan sebagainya.
3. Sekolah Tinggi
sekolah-sekolah-ini-lulusannya-langsung-kerja-150401uSTAN 
Mirip dengan universitas dan institut, sekolah tinggi juga menyelenggarakan Akademik dan/atau Vokasi dengan sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni. Namun tidak sama seperti universitas dan institut, sekolah tinggi hanya menyediakan satu fakultas yang terbagi ke dalam berbagai program studi. Contohnya, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi hanya akan menyediakan program studi dari Fakultas Ekonomi, seperti bisnis, management, akuntansi, dan sebagainya. Contoh sekolah tinggi di Indonesia antara lain London School of Public Relation atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).
4. Politeknik
jenis perguruan tinggiPoliteknik Perkapalan Negara Surabaya
Politeknik adalah perguruan tinggi yang hanya melaksanakan Pendidikan Vokasi dari beberapa rumpun ilmu. Maka, penyelenggaraan studi di Politeknik lebih berfokus pada pembentukan tenaga profesional baru. Tujuan politeknik adalah mempersiapkan peserta didiknya untuk bisa menjadi anggota masyarakat yang punya kemampuan profesional dan siap kerja sesuai dengan keterampilan atau bidang yang diambilnya. Lulusan politeknik memiliki gelar atau level pendidikan D-III dan D-IV atau bisa juga disebut dengan sarjana terapan.
5. Akademi
jenis perguruan tinggiLulusan akademi TNI dan Akpol 
Tidak jauh berbeda dengan politeknik, akademi adalah perguruan tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan Vokasi. Perbedaannya, akademi hanya menyelenggarakan pendidikan Vokasi dari satu cabang ilmu saja. Serupa dengan politeknik, akademi berorientasi untuk mencetak tenaga kerja profesional yang berkualitas. Akademi juga biasanya diselenggarakan oleh instansi-instansi. Seperti Akademi Keperawatan Jayakarta yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

suport by SMK N 1 oku

Yuk, Kenali 5 Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia  by ; Jery hetadipraja rabu,16 januari 2019 Siap kuliah Squad, apaka...